SOLUSI BANGUNAN TAHAN GEMPA BUMI


Indonesia yang merupakan wilayah yang disebut "Ring Of Fire" atau Cincin Api,merupakan wilayah yang secara kultural ditakdirkan sebagai kawasan rawan gempa bumi.Tidak terbatas wilayah Jawa saja,hampir seluruh wilayah Indonesia.

Dalam beberapa kesempatan team kami mendapat pertanyaan dari orang orang yang tertarik dengan konstruksi atau bangunan bambu. "Apa keunggulan dari konstruksi atau bangunan bambu?"
Ada beberapa hal korelasi antara kultur Indonesia yang dipaparkan pada alinea pertama dengan jawaban dari pertanyaan diatas. Secara garis besar adalah sebagai berikut :

  1. Material bambu memiliki berat jenis yang relatif lebih ringan dibandingkan dengan material kayu atau beton. Sehingga apabila terjadi gempa bumi atau terjadi keruntuhan bangunan,bahaya akibat tertimpa material bangunan lebih minim atau resikonya tidak terlalu fatal dibanding dengan material kayu atau beton.
  2. Sumber bahan material atau bahan baku bambu yang melimpah. Hampir diseluruh daerah di Indonesia banyak tumbuh bambu dengan berbagai jenis dan ukuran. Dan bambu terbilang sangat mudah tumbuh dan berkembang diberbagai jenis tanah.
  3. Daya tahan dan daya dukung material bambu yang kuat sampai puluhan tahun dan kekuatannya lebih kuat dibanding dengan material baja. Menurut hasil penelitian beberapa ahli struktur terungkap bahwa hasil uji tekan dan tarik material bambu kurang lebih 30% lebih kuat dibanding baja dengan volume yang sama.
  4. Unik dan menarik serta bernilai seni tinggi,sehingga bangunan yang terbuat dari bambu terkesan nyentrik dan tentunya sangat indah dipandang mata.
  5. Mengurangi tingkat penggunaan dan penebangan pohon kayu yang berdampak terhadap ilegal loging yang dapat merusak ekosistem.
Itulah beberapa alasan kenapa memilih bangunan bambu. Apabila anda tertarik untuk membangun atau akan membangun bangunan bambu,kami siap memberikan pelayanan dengan mempekerjakan tenaga ahli yang berpengalaman dalam pembuatan bangunan/konstruksi bambu.
Untuk pemesanan atau konsultasi seputar bangunan bambu,silahkan hubungi nomor yang tertera halaman kontak kami.
Share on Google Plus

Kontak Anonim

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085813881899 (Muhamad Romli/Obie).

0 komentar anda :

Posting Komentar